Senin, 14 Februari 2011

IT's About Us : Air Untuk Masa Depan

hell .o bloggers..selamat malam. malam ini saya bakal buat postingan yang sedikit agak berbeda dari biasanya. tulisan ini agak serius,faktual, dan sedikit bercanda. tulisan malam ini bukan karena saya sedang haus atau dehidrasi, tapi karena memang karena informasi ini mungkin penting bagi kehidupan kita dimasa depan (bukan masanya doraemon ya.. haha).

mengapa saya bikin tulisan ini??

alasan ke-1 :
hal yang akan saya ungkapkan nantinya mungkin akan bermanfaat bagi kalian , bagi orang tua saya, teman-teman saya, keluarga saya, tentunya istri dan anak-anak sampai cucu saya nantinya. upss.. tapi sebelum kalian berfikir saya sudah menikah ,yaa ga tau itu kawin lari atau kawin kontrak ( aneh ya istilah kawin jaman sekarang ) .. gw cuma mau bilang gw masih muda dan single..

ga nyambung.

alasan ke-2 :
gw mencoba untuk mengembangkan bakat menulis gw ini dengan cara mengikuti kompetisi web yang diadakan oleh http://www.mudaers.com/ . Saya salut dengan komunitas kompas karena bisa-bisanya mereka mencetus kan ide yang sangat brilian ini.. hwwooow...

beri aplause buat mudaers.com dan komunitas kompas..
prok..prok..prok..

buat kalian yang mau ikutan kompetisi ini bisa liat di web nya http://www.mudaers.com/ dan menang kan hadiahnya. pokoknya jangan saingan sama saya yah.. hehe (bercanda guys.. hehe)



oke.. balik ke pokok utama kita. Air untuk masa depan. pasti kita yang jiwanya kawula muda yang masih labil berfikir "buat apasih kita buang-buang waktu mikirin hal kayak gitu.. mendingan kita dugem aja.. ajeb..ajeb.."

salah besar.

Bagi kalian yang berfikir seperti itu berarti salah besar. mungkin setelah kalian membaca tulisan ini  bisa merubah pola fikir kita. Hidup di era modern ini kita harus terus berfikiran kedeapan, jangan hanya memikirkan kasus gayus atau kasus ariel, coba mulai sekarang kira fikir kan kasus yang lebih penting seperti tema malam ini. 

Sebelum saya melanglang buana kemana-mana, saya akan sedkit memberikan pengertian tentang air. Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air memiliki dua atom hidrogen kovalen terikat pada atom oksigen tunggal.
   
      Tidak kurang dari 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan beberapa bagian tubuh manusia adayang memiliki kadar air diatas 80%. Otak dan darah adalah dua organ penting dengan kadar air melebihi 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. 

Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi mahluk hidup. Tanpa air manusia hanya bisa bertahan hidup selama 9-10 hari, sedangkan tanpa makanan manusia bisa bertahan hidup selama 45-65 hari. Walaupun demikian seringkali kita meremehkan asupan air ini, terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) 2009 yang menunjukkan bahwa sebanyak 46,1 % penduduk mengalami dehidrasi ringan, hal itu diungkapkan oleh Ketua Penelitian THIRST, Prof.Dr.Ir Hardinsyah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa jumlah persentase dehidrasi ringan pada remaja lebih tinggi dibandingkan pada orang dewasa. 

 Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, suhu , kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis kelamin, serta usia & kondisi tubuh. Kira-kira tubuh memerlukan sekitar 2 - 2,5 liter air perhari, jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air minum & makanan.

Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air ini, salah satunya adalah melalui rasa haus. Rasa haus merupakan mekanisme alami dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh  merupakan petunjuk bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi (kehilangan cairan tubuh). Ketika tubuh merasa haus (biasanya terasa di bagian lidah) maka sebenarnya tubuh sedang memberikan sinyal karena mengalami defisit cairan.

     
Sangat penting bagi kita untuk minum air sebelum merasa haus supaya keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga. Di Indonesia sendiri, di dalam pedoman umum gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Depkes dianjurkan supaya kita mengkonsumsi air minum minimal 2 liter atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dan menjaga kesehatan.

oke. sebelum saya lanjutkan, mungkin adik-adik yang masi duduk di bangku play group tidak mengerti tentang bahasa diatas. ya memang karena mereka blom bisa membaca , tapi biar lebih mengerti saya akan lanjutkan dengan gaya bahasa saya sendiri. 

AIR. banyak pengertian yang bisa kita buat atau karang sendiri . banyak istilah air contohnya ASI (air susu mbok Indah). hmmm... (adik-adik jangan ditiru yah.. hehe) maksud saya air susu ibu. yah pastinya saya sekarang tidak sedang membahas bagaimana proses asi keluar dan bentuk wadah asi seperti apa (takut kena sensor.. hihi). yap, yang saya bahas kali ini bukan air sembarang air... tapi lebih ke fungsi air bagi kehidupan kita. klo kata profesor kimia yang mengajar di tempat saya sekolah dulu air adalah gabungan dari hidrogen dan oksigen. Jujur sampai sekarang saya tidak mengerti pelajaran dia, mengapa? karena saya bukan anak IPA tetapi saya anak jurusan IPS.
Garing.


Air sangat diperlukan tubuh kita. tidak kurang dari 80% tubuh kita terdiri dari air. Tanpa air manusia tidak akan mampu bertahan hidup. apa kalian pernah mendengar dikoran dan membaca di berita .. hmm sorry maksud saya mendengar berita dan membaca koran yang melaporkan berita tentang orang yang mati karena kehausan. tentu belum karena blom ada yang mau mencobanya.. hehe..
     
Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal. 


Lalu apa bahaya nya jika tubuh kita kekurangan air?? efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu. Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis. Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu klo kata bapak tebe "kita harus minum air agar badan kita sehat dan jangan sampai kekurangan air..!!"


akhirnya saya memutuskan untuk minum air putih setiap hari !! yang kayak gini nih.



Air tidak hanya dibutuhkan oleh manusia , tetapi juga dibutuhkan oleh makhluk-makhluk lain di muka bumi ini. karena itu coba kita bayangkan apa yang terjadi saat ii disekitar lingkungan kita. banyak pencemaran air. Yang dulunya dinamakan "air seni" sekarang suadh tidak berseni lagi karena pencemaran air.
di zaman sita n jojo sekarang  (loh kenapa mereka dibawa-bawa?) sulit sekali melestarikan air karena sampah-sampah yang ada dilingkungan kita. Air bersih sudah sangat terbatas, mungkin dimasa depan jika kita tidak melestarikan air maka harga air nanti akan lebih tinggi dibanding harga cabai saat ini.... (loh!?)

Air, tak bisa ditawar-tawar lagi, merupakan kebutuhan primer bagi semua makhluk hidup. Ketiadaan air, khususnya air bersih, akan menimbulkan bencana dalam kehidupan. Oleh karena itu, sebelum terjadi krisis air bersih, seyogianya masyarakat menjaga kelestarian air. Banyak cara yang bisa dilakukan demi melestarikan air bersih. Cara itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana dan dari diri sendiri, semisal menghemat penggunaan air. Untuk menghemat air, masyarakat hendaknya menampung air kucuran keran atau air bekas wudu ke dalam wadah seperti baskom atau ember. Dengan demikian, air sisa pakai itu bisa digunakan kembali untuk menyiram tanaman atau mencuci kendaraan bermotor.

Cara lain yang juga bisa ditempuh dalam rangka menyediakan pasokan air ialah membuat lubang resapan biopori. Biopori merupakan lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk karena aktivitas berbagai organisme di dalamnya, seperti cacing, rayap, atau hewan tanah lainnya.Lubang-lubang itu akan terisi udara dan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Adanya lubang resapan biopori juga bisa menambah luas bidang resapan air. Alhasil, pasokan air pun akan lebih terjaga. Lubang-lubang biopori biasanya dibuat di sekitar lingkungan permukiman warga. Proses pembuatannya terbilang mudah. Sebagai langkah awal dibuat lubang dengan diameter 10 sampai 30 sentimeter (cm) dan panjang 30 sampai 100 cm.Lubang-lubang itu kemudian ditutupi sampah organik yang berfungsi menjebak air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bawah tanah. Untuk membuat lubang atau sumur biopori digunakan bor tanah yang di pasaran harganya 200 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.
       
Selain biopori, ada pula inovasi lainnya yang bisa diaplikasikan untuk menjaga pasokan air bersih. Peneliti dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah merancang teknologi imbuhan buatan terhadap sumur resapan dalam. Teddy Wartono Sudinda, peneliti BPPT, mengatakan pihaknya menggunakan teknik imbuhan buatan (artifwial recharge) pada sumur resapan agar bisa menampung air hujan dan limpasan (sisa air wudu dan pendingin ruangan).

Teddy mengestimasikan sisa air wudu yang bisa ditampung mencapai lima meter kubik per hari, sedangkan air sisa mesin pendingin mencapai 1,8 meter kubik per hari. Menurutnya, sumur resapan itu bermanfaat menyimpan cadangan air yang bisa digunakan pada waktu-waktu tertentu. Dengan mengaplikasikan teknologi artificial recharge, air sisaan atau limpasan tidak akan terbuang percuma, sebab air tersebut bisa diolah menjadi air bersih. Caranya dengan merekayasa kandungan kimiawi, fisika, dan biologi air limpasan sesuai dengan standar baku air bersih. Saat ini, BPPT telah membuat proyek percontohan sumur resapan itu yang ditempatkan di dekat area parkir Gedung 2 BPPT di Ialan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Agar air yang ditampung jumlahnya maksimal, sumur dibuat dengan kedalaman 193 meter dan tinggi permukaan air tanah sekitar 21 meter. Sumur itu memiliki kemampuan meresap air lebih dari dua meter kubik per jam.
Dengan adanya sumur resapan, air limpasan akan masuk ke sumur melalui pipa air. Untuk membuat satu sumur resapan tersebut, BPPT mengestimasikan biaya yang dikeluarkan sekitar 40 juta hingga 60 juta rupiah.
            
memang untuk mewujudkan sesuatu hal  yang baik harus memerlukan pengorbanan . biaya yang begitu mahal tidak akan sebanding dengan apa yang akan kita peroleh nantinya dimasa depan. Dari pada duit masyarakat yang selalu diselewengkan mengapa tidak dialihkan untuk membuat sesuatu yang berguna bagi generasi berikutnya seperti ini.

IT's About Us : Air Untuk Masa Depan sekarang bukan lah wacana lagi, mulai saat ini bagi para bloggers yang membaca blog ini harus menjadikannya sebuah tindakan untuk menyelamatkan air untuk keperluan kita dan generasi kita di masa depan. Biarlah saat ini diri saya yang tertatih dan bersusah payah untuk mewujudkan wacana tersebut, tetapi generasi saya-saya berikutnya akan menikmatinya dibanding saya menghabiskan air bersih hanya untuk sekarang dan merugi kan masyarakat di masa depan. 

 mungkin dengan tulisan dan tindakan kita.. air yang akan kita dapat dimasa depan bukanlah air yang berasal dari air mata kesedihan saudara-saudara kita yang kekurangan air . let`s safe our earth and our water for the future.
kalau ada salah-salah kata mohon dimaafkan, correct me if i wrong and take it or leave it this blog ( alah sok bule ) .. haha
terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar